4 Media dimana anda bisa melakukan ta'aruf secara online

Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang persiapan-persiapan apa yang perlu dilakukan untuk menuju jenjang pernikahan. Kini kita coba membahas satu persatu secara lebih detail.

Pernikahan bisa terlaksana jika ada kedua mempelai yang akan menikah, namun sekadar ada saja tidak cukup. Perlulah bagi keduanya saling mengenal. Tentu tidak semua hal wajib diketahui sebelum menikah, cukup hal yang prinsipil saja. Seperti contohnya adalah pandangan tentang hidup, tentang berumah tangga, bagaimana jika nanti dalam rumah tangga ada masalah, ingin punya anak berapa, akan tinggal dimana setelah menikah nanti, dann lain-lain.

Sebagian orang saling mengenal melalui proses pacaran. Dengan berpacaran mereka akan saling mengetahui satu sama lain tentang calon pasangannya tersebut. Dan sebagian yang lain melalui proses yang mulia. Yakni Ta'aruf. Proses yang menjadi tuntunan bagi setiap muslimin dan muslimat dalam menuju jenjang pernikahan.

Pada dasarnya "ta'aruf" adalah proses saling mengenal yang biasa, akan tetapi ta'aruf dibuat tidak melanggar syari'at-syari'at yang ada :
seperti :
- tidak khalwat (berdua-duaan dengan yang bukan mahram tanpa ada keperluan syar'i)
- tetap menutup aurat,
- tanpa ada saling sentuh,
- dll

Kadang ada seorang sahabat yang menjadi mak comblangnya, menjadi perantara dan penengah agar tidak terjadi hal-hal tadi. Kadang kedua orang tua yang menjadi perantaranya, atau bisa juga guru(Ustadz),
dll

Jadi gini alur rekomendasinya ya.
Kalau kamu aktif ikut pengajian/ kajian keislaman, kamu bisa meminta rekomendasi dari Ust/Guru/Murabbi/Musyrif/dll
Kalau kamu ga aktif ikut pengajian/kajian keislaman, mungkin kamu bisa meminta rekomendasi dari teman.
Atau bisa juga minta rekomendasi dari orang tua.

Dan ternyata di zaman yang modern ini, untuk bisa saling bertaa'ruf anda bisa melakukannya(ya paling tidak memulainya) via online.

Berikut 3 media online yang bisa menjadi awalan dalam proses ta'aruf :
- Mawaddah Indonesia
Mawaddah Indonesia tidak hanya memiliki fasilitas layanan ta'aruf, akan tetapi juga memiliki layanan lain seperti wedding organizer nya.
- Ta'aruf.me
Mirip seperti Mawaddah Indonesia, namun berbasis aplikasi di android
- Group Whatsapp Ta'aruf Lalu Nikah (TLN)
Berbasis media chat di whatsapp
- Ta'aruf Syar'i
Seperti mawaddah Indonesia, via web

Jadi, jangan buru-buru lari ke percetakan, trus pesan pesen Undangan. Pastikan dulu kamu punya calonnya. ^_^
4 Media dimana anda bisa melakukan ta'aruf secara online 4 Media dimana anda bisa melakukan ta'aruf secara online Reviewed by Saliha Hamdan on 8:45 PM Rating: 5

No comments